Hallo Teman-teman Semua Apa Kabarnya? Kunjungi terus dan Tinggalkan Komentar membangun yia di Blog Aku! :) :)

Pulau Pari menjadi Lokasi Kegiatan Joint Field Course Tropical Biodiversities 2015


Jumat-Senin, 28-31 Agustus 2015 UPT Loka Pengembangan Kompetensi SDM Oseanografi Pulau Pari menjadi lokasi kegiatan Joint Field Course 2015; “Tropical Biodiversities” yang melibatkan beberapa negara Asia. Informasi dari Rae Sita Pratiwi selaku pendamping dan merupakan koordinator Divisi Jasa Iptek UPT LPKSDMO Pulau Pari-LIPI bahwa terdapat 4 Universitas yang mengikuti joint filed course ini yaitu Ryudai University (Jepang), Prince Songkala University (Thailand), National Taiwan University (Taiwan) dan Tunghai University (Taiwan). 

Proses kegiatan berlangsung dengan diawali dengan perkuliahan di kampus IPB dengan materi tentang Biodiversitas dan Ekologi Hutan Tropis (oleh Prof. Lilik Budi) hingga Konservasi Ekologi Mangrove (oleh Dr. Fredinan Yulianda). Kemudian dilanjutkan dengan perkuliahan kelas dan lapangan di Gugusan Pulau Pari dengan materi tentang Analisis Ikan Tropis (oleh Dr. Mukhlis Kamal), Ekologi dan Koleksi Data Terumbu Karang (oleh Dr. Budi Hascaryo) dan Observasi Terumbu Karang (oleh Prof.Euchi Hirose). 

Berdasarkan penjelasan dari Dr. Mukhlis Kamal selaku Kepala Departemen Manajemen Sumber Daya Perairan IPB dan koordinator program Joint Field Course 2015 mengatakan bahwa tahun ini merupakan pelaksanaan yang ke-3 setelah sebelumnya di lakukan di Jepang dan Taiwan. Participant yang terlibat terdiri dari 40 orang mahasiswa tingkat strata 1 dan 2 dengan didampingi para dosen dan asisten dosennya (tingkatan Doktor dan Professor). Materi perkuliahan yang diberikan adalah berkaitan dengan biodiversitas yang ada di wilayah tropis. Sebagaimana yang diketahui bahwa Gugusan Pulau Pari merupakan salah satu wilayah yang memiliki keanekaragaman sumberdaya hayati yang cukup melimpah dan dikenal memiliki ekosistem perairan tropis yang lengkap.

Ditulis Oleh : Ranthi Bariel Putri (Pengelola Informasi UPT Loka Pengembangan Kompetensi SDM Oseanografi Pulau Pari - LIPI) Copy the BEST Traders and Make Money : http://bit.ly/fxzulu

Copy the BEST Traders and Make Money : http://bit.ly/fxzulu
Ditulis Oleh : Ranthi Bariel Putri 
(Pengelola Informasi UPT Loka Pengembangan Kompetensi SDM Oseanografi Pulau Pari - LIPI)

Copy the BEST Traders and Make Money : http://bit.ly/fxzulu

0 komentar:

Posting Komentar