Hallo Teman-teman Semua Apa Kabarnya? Kunjungi terus dan Tinggalkan Komentar membangun yia di Blog Aku! :) :)

WORKSHOP PENGELOLAAN DAN PELAPORAN INFORMASI PUBLIK DI LINGKUNGAN LIPI



Rabu 1 Juli 2015 di ruang pertemuan lantai 1, Gedung Konservasi Bogor – LIPI dilaksanakan kegiatan workshop pengelolaan dan pelaporan informasi publik di lingkungan LIPI. Kegiatan ini difasilitatori oleh Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas (BKHH) dengan tujuan untuk mendukung pengelolaan informasi krusial dan informasi publik serta melakukan penyatuan pemahaman antar satuan kerja (satker) dalam mengelola informasi sehingga dapat diakses oleh publik.
Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Dr. Siti Nuramaliati selaku Kepala BKHH yang didalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa UU No.14/2008 menjadi salah satu landasan keterbukaan informasi sebagai pelayanan publik. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) telah dibentuk untuk setiap satker agar memudahkan akses semua satker di lingkungan LIPI. BKHH adalah fasilitator utama bagi PPID satker dalam mengelola informasi yang memenuhi standarisasi agar sampai ke publik. Telah menjadi salah satu action plan bagi LIPI untuk mampu melakukan pengelolaan informasi sistem online sebagai layanan publik yang mudah, cepat, tepat dan akurat. Pembenahan sistem selalu dilakukan secara bertahap berdasarkan laporan, informasi dan evaluasi baik dari pusat dan maupun dari masing-masing satker.
Selanjutnya acara dibuka secara resmi oleh Sekretaris Utama – LIPI yaitu Dr. Siti Nuramaliati Prijono dimana beliau menyampaikan bahwa LIPI sebagai badan publik yang semestinya menyediakan informasi yang akurat kepada publik serta melakukan klasifikasi dan pendataan untuk pelaporan yang transparan dan akuntabel. Beliau juga menyampaikan bahwa diperlukan proses evaluasi untuk mengetahui permasalahan dan kekurangan pelaksanaan pengelolaan layanan informasi publik di lingkungan LIPI.
Sesi 1 pemaparan tentang sistem pelaporan layanan informasi publik dalam mendukung reformasi birokrasi yang dipaparkan oleh Ketua Komisi Informasi Pusat RI, yaitu Abdulhamid Dipopramono. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa pada saat ini pemerintah sudah berada pada era platform pemerintahan terbuka sebagai pendukung good government. Pemerintahan yang terbuka adalah pemerintahan yang tidak lepas dari pengawasan dan keterlibatan masyarakat. Dalam prinsip good government dibutuhkan partisipasi masyarakat, penegakan hukum, transparansi informasi yang akurat, akuntabilitas laporan publik, pengawasan dan kontrol badan publik sebagai penentu kebijakan. Sedangkan dalam sistem pelaporan informasi, badan publik akan membuat atau menyediakan laporan yang berisikan tentang penganggaran, kendala eksternal dan internal, rekomendasi (progres/ grafik), rencana tidak lanjut dan rekomendasi lengkap.
Sesi ke 2 dilanjutkan dengan pemaparan pembelajaran pengelolaan dan pelaporan informasi publik di lingkungan Kementerian Perindustrian yang disampaikan oleh Kepala Bidang Informasi dan Pelayanan Publik. Dilanjutkan dengan pembelajaran pelaksanaan keterbukaan informasi publik di lingkungan BATAN yang disampaikan Kepala Biro Humas. Melalui pemaparan dari ke-dua lembaga tersebut disimpulkan bahwa PPID dikelola dengan baik dan serius, sehingga hal ini dapat dijadikan contoh oleh LIPI. 
Kegiatan ditutup secara resmi oleh Dr. Siti Nuramaliati (Kepala BKHH) yang pada pesan penutupnya menyampaikan bahwa dari kegiatan workshop ini didapatkan catatan untuk perbaikan keterbukaan informasi publik (KIP) online di lingkungan LIPI. Dapat dipetakan tantangan pengelolaan dan pelaporan informasi adalah pada peran PPID, website KIP dan data layanan informasi dari satuan kerja.  
Ditulis Oleh : Ranthi Bariel Putri
(Pengelola Informasi UPT Loka Pengembangan Kompetensi SDM Oseanografi Pulau Pari - LIPI)


0 komentar:

Posting Komentar